WhatsApp_Image_2021-02-09_at_16_32_38

Terkait Perhutanan Sosial Bupati Lumajang Paparkan Potensi Senduro

Bagikan Berita Ini

Lumajang, (desanews.id) – Cak Toriq paparkan potensi Senduro di depan Tim Pelaksana Program Pengembangan Wilayah Terintegrasi Berbasis Perhutanan Sosial di Hutan Wisata Siti Sundari, Selasa (09/02/2021).

Bupati Lumajang menjelaskan bahwa Senduro memiliki potensi yang tinggi untuk pengembangan Program Perhutanan Sosial. Salah satunya adalah kesuksesan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Lestari yang dinilai sukses mengelola perhutanan sosial di Desa Burno.

Selain itu, Senduro juga dikenal akan kekayaan potensi seperti pisang, kopi, kapulaga, kambing senduro, susu perah dan lain-lain. Selain itu keindahan Ranu Pani, Ranu Regulo, Hutan Wisata Siti Sundari dan Bumi Perkemahan Glagaharum juga turut menambah nilai sebagai subprogram interkoneksi ekowisata dalam Program Perhutanan Sosial.

“Kalau ini terkoneksi akan menjadi pertumbuhan ekonomi yang sangat bagus,” jelas bupati.

Sementara itu, Bagus Herudojo Tjiptono, Direktur Bina Usaha Perhutanan Sosial dan Hutan Adat (BUPSHA) Ditjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PSKL KLHK) menjelaskan bahwa Lumajang diusulkan Menteri KLHK menjadi benchmarking atau percontohan perhutanan sosial kepada Presiden Joko Widodo. Menurutnya Senduro memiliki potensi yang kompleks, semua potensi yang dimiliki mendongkrak suksesnya Program Perhutanan Sosial dan dapat menjadi percontohan nasional.

“Kami sangat antusias karena area ini diusulkan oleh bu menteri sebagai tindak lanjut rapat terbatas agar ada pembangunan berkelanjutan sebagai benchmarking atau percontohan,” ungkapnya.
(dn/lr1/ll4)

 

Bagikan Berita Ini
Default image
Ardianto Rakya
Editorial in Chief Desanews.id
Articles: 844

Leave a Reply