WhatsApp_Image_2021-02-01_at_09_50_10

Sekda Ikuti Rakor Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 Lewat Virtual

Bagikan Berita Ini

Lumajang, (desanews id) Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono mengikuti kegiatan Video Conference (Vidcon) bersama Menko Bidang Maritim dan Investasi, Kemendagri, Menkes, Panglima TNI, Kapolri dan Ka BNPB/Kasatgas Covid-19 dengan Forkopimda Provinsi Jatim dan Forkopimda Kota/Kabupaten se-Indonesia, bertempat di Ruang Exekutif Polres Lumajang, Minggu (31/1/2021) malam.


Vidcon tersebut terkait rapat koordinasi penegakan disiplin Protokol kesehatan dan penanganan Covid-19 di daerah. Selain Sekretaris Daerah, vidcon diikuti juga oleh Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf. Andi Andriyanto Wibowo, Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, Kadinkes Kabupaten Lumajang, dr. Bayu Wibowo Ignasius, dan Kalaksa BPBD Kabupaten Lumajang, Indra Wibowo Leksana.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan, bahwa kegiatan rakor yang dilaksanakan saat ini merupakan tindak lanjut dari rakor dengan Presiden RI terksit pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 31 Januari hingga 8 Februari 2021.

Lanjut dia, sesuai dengan Inmendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan dalam Pengendalian Penyebaran Covid-19 dan Inmendagri Nomor 2 dalam prakteknya tidak jauh dengan PSBB.

“PSBB dilakukan karena adanya usulan dari Pemerintah Daerah yang disetujui Kemenkes dan Pemerintah Pusat. Untuk itu, Mendagri memberikan instruksi dalam pemberlakuan PPKM mirip dengan PSBB dibeberapa daerah,” ujar dia.

Oleh karena itu, diharapkan agar seluruh Kasatgas Covid-19 daerah dengan didukung Forkopimda untuk mempertajam sebaran zona Covid-19 (merah, orange, kuning, hijau) secara detail sampai pada tingkat Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, temukan faktor penyebab atau kontributor utama naiknya kasus positif di wilayah masing-masing, mulai dari faktor pemakaian masker yang mana kurang atau faktor kerumunan dan lain-lain.

“Sosialisasikan terus oleh Satpol-PP, Linmas, Dinkes, Dishub, Diskominfo, relawan ataupun pecalang, sehingga angka kasus terjadi penurunan,” pesan Tito Karnavian,
(Dn/lr1/ll3)

Bagikan Berita Ini
Default image
Ardianto Rakya
Editorial in Chief Desanews.id
Articles: 844

Leave a Reply