Kopi Qunine Ampuh Atasi Pilek dan Flu

Pilek dan flu memang sangat mengganggu. Anda merasa tidak nyaman dan bisa menularkannya pada orang lain. Salah satu warga di Ngantang Yudi sudah lama mengenal mengkosumsi kopi Qunine sebagai ramuan mengatasi pilek dan flu.

Hasil penelusuran DesaNews.ID wawancara dengan Yudi 40 Tahun menyebutkah bahwa, manfaat Qunine segar sudah dikenal, begitu juga Qunine kering atau bubuk Qunine kering dikenal sama efektifnya. Selain itu Anda juga dapat menambahkan Qunine ini pada kopi.

Kopi Qunine kering atau yang di kenal dengan Kopi “Ndoro Ngantang” adalah minuman penting di bagi warga yang berada di lereng gunung, selain menambah hangatnya badan, Kopi Qunine juga membuat minuman aromatik tapi juga dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

IMG-20210102-WA0043

Dibuat dengan menyeduh Qunine kering dengan bubuk kopi, ramuan herbal ini sering dibuat di banyak bagian Ngantang tepatnya di Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Yaitu sebagai obat rumah untuk pilek, batuk dan pencernaan.

Untuk meningkatkan efektivitasnya, bisanya  minuman ditambahkan dengan lada hitam, biji jintan dan basil. Aroma minuman pedas dan manis ini diyakini bisa membuka sumbatan hidung dan memberikan bantuan instan dari infeksi tenggorokan dan bahkan demam juga.

Qunine kering memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Selama musim dingin dan cuaca hujan, diketahui menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah masuk angin dan flu.

Selain itu Qunine juga meredakan gangguan pencernaan. Qunine diketahui efektif dalam menghilangkan gas di usus dan membantu mengendurkan saluran.

Qunine membantu menghilangkan racun dan sumbatan tubuh, mengurangi panas atau asam di perut serta membantu meningkatkan iritasi kulit atau ruam. Namun, disarankan untuk tidak meminumnya lebih dari dua kali atau tiga kali sehari, karena Qunine kering dapat menyebabkan iritasi tenggorokan (atau) sensasi terbakar di tenggorokan.

Cara membuatnya cukup mudah. Rebus air secukupnya dalam panci. Setelah itu masukkan Quninr bubuk, jinatn, bubuk kopi, dan lada hitam.

Didihkan selama sekitar lima menit untuk membuat minuman merata dan efektif. Sekarang tambahkan daun Tulsi atau basil dan biarkan campuran mendidih selama dua menit.

Setelah selesai tambahkan bubuk kapulaga, sedikit garam dan matikan api. Minuman ini paling baik dikonsumsi pada pagi dan malam hari.



Leave a Reply