WhatsApp_Image_2021-02-02_at_14_27_21

Ketua PKK Lumajang: Masyarakat Diharapkan Dapat Memanfaatkan Toga

Bagikan Berita Ini

Lumajang, (desanews.id) Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq menghadiri Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Penguatan Tim Asman TP PKK dan Kader Kecamatan/desa dalam rangka Penurunan Penyakit Tidak Menular (PTM), bertempat di Ruang Pertemuan Pisang Raja Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Selasa (2/2/2021).

Dalam arahannya, Ny. Musfarinah Thoriq menyampaikan, kegiatan PKK dalam penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Lumajang Tahun 2020, pihaknya telah mengambil langkah-langkah dalam Kegiatan PKK Peduli, sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat tentang Covid-19 melalui media sosial dan elektronik, mendukung gerakan “Ngeramut Tonggo”, himbauan mengganti makanan matang menjadi sembako, serta mengadakan swab rapid test gratis.

Ia mengatakan, Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) adalah upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri dengan memanfaatkan toga. Untuk itu, adanya Pawon Urip juga merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Lumajang dengan tujuan untuk ketahanan pangan dan gizi utamanya di dalam keluarga.

“Peran PKK dalam pemanfaatan Toga yaitu adanya Pawon Urip yang itu bukan hanya sekedar menanam, inisiasi ini di dalam masa pandemi Covid-19 sebagai upaya yang dilakukan dalam menjaga ketahanan pangan dan gizi di lingkungan keluarga,” jelasnya.

Selanjutnya, Ia berharap pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) dan akupresur merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh Kader Asman, mengingat Toga merupakan sumber obat yang mudah, murah dan aman digunakan untuk mengurangi gejala penyakit-penyakit ringan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dr. Bayu Wibowo menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan masyarakat sekitar dengan melakukan pemanfaatan terhadap Toga dan akupresur. Harapannya Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dapat memberi dampak yang positif dalam pemenuhan kebutuhan tanaman obat-obatan keluarga, sehingga dapat menghasilkan kualitas hidup yang sehat bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang terkait Pemberdayaan Masyarakat dan Penguatan Tim Asman Toga TP PKK dan Kader Kecamatan/desa, digelar selama dua hari yakni Tanggal 2 dan 3 Februari 2021. Peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari Ketua TP PKK Kecamatan dan perwakilan dari desa se-Kabupaten Lumajang,
(Dn/lr2/ll6)

Bagikan Berita Ini
Default image
Ardianto Rakya
Editorial in Chief Desanews.id
Articles: 844

Leave a Reply