IMG-20201221-WA0052

Danrem Bacakan Amanat Kapolri Saat Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi

Bagikan Berita Ini

DesaNews.ID (Sragen) – Senin, 21 Desember 2020 Pukul 08.00 – 09.00 Wib di Lapangan Budiyanto Yonif 408/Sbh Sragen dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi Tahun 2020 dengan tema “Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Perayaan Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Wilayah Hukum Polres Sragen” dengan Pimpinan Apel Kolonel Inf Rano Maxim Adolf Tilaar, SE (Danrem 074/Wrt) dan Komandan Apel AKP Ilham Safriyanto Sakti, SH.,S.IK (Kasatlantas Polres Sragen) yang diikuti lk. 400 orang.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kolonel Inf Rano Maxim Adolf Tilaar, SE (Danrem 074/Wrt), dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen), Para Kasi/Pasi Jajaran Korem 074/Wrt, Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno, S.IP (Dandim 0725/Sragen), Letkol Inf Ade Afri Verdaniex (Danyonif Raider 408/Sbh), Yuswanto Ardi, SH.,S.IK.,M.Si (Kapolres Sragen), Kompol Eko Mardiyanto, SH (Wakapolres Sragen), Kapten Cpm Eko Heriyanto (Dansubdenpom IV/4-1 Sragen), Ahmad Yasin, SH.MH (Kepala Pengadilan Negeri Kab. Sragen), Sinyo Redy Beni Ratag, SH, MH.(Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Sragen), Suparno, SH (Ketua DPRD Kab. Sragen), Ka Badan/Dinas instansi terkait Kab. Sragen, PJU Polres Sragen, Perwira, Bintara dan Tamtama serta Tamu undangan.

Dalam amanatnya Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si (Kapolri) yang dibacakan Kolonel Inf Rano Maxim Adolf Tilaar, SE (Danrem 074/Wrt) mengatakan, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin2020” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

“ Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian “ ujar Danrem.

Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.
Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dll.

Menurut Danrem, Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

” Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19 yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih “ imbuhnya,

(Hum/Ardy)

Bagikan Berita Ini
Default image
Ardianto Rakya
Editorial in Chief Desanews.id
Articles: 844

Leave a Reply