Ada Lelang Cabai Digital dan Mina Padi di Yogyakarta

pasar lelang -2

SLEMAN. DESANEWS.ID. Pasar lelang cabai kali ini unik. Semuanya melalui dawai/gadget dengan menggunakan aplikasi dipanen.id. Kerjasama antara Dinas Pertanian Sleman, Gapoktan dan Kelompok Tani dan aplikasinya Bank Indonesia.

Pasar lelang ini sangat membantu di dalam memangkas rantai pasokan dan pemasaran yang panjang dan membuat harga di tingkat petani murah sementara di pasar tinggi.

Sementara kampung mina padi pun tidak melulu ada di Minahasa Selatan Sulawesi Utara. Kali ini malah menjadi kampung mina padi yang indah di Samberembe Yogyakarta. Disamping untuk produktifitas hasil panen juga memiliki nilai wisata yang edukatif.

Mina padi yang diterapkan yaitu sistem persawahan yang dikelilingi dengan ikan, yang membedakan dengan mina padi yang lain yaitu pada sistem persawahan ini dikelilingi oleh tanaman hortikultura, seperti cabai. Sistem yang seperti ini merupakan diharapkan dapat mendorong minta generasi milenial untuk terjun di bidang pertanian.

pasar lelang

Itu adalah hasil dari sudi banding tim PPIU Jawa Timur ke Pasar Lelang Cabai yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta (27/11/2021). Studi banding tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang ke depannya dapat dijadikan pembelajaran dan diterapkan oleh CPM (Calon Penerima Manfaat) Program YESS.

Tampak hadir selain Tim PPIU Jatim juga Tim DIT (District Multistakeholder Team) dari 4 Kabupaten yakni Malang, Pasuruan, Tulungagung dan Pacitan.

“Kegiatan studi banding ini penting bagi PPIU Jatim agar perkembangan dan kreasi teknologi yang terjadi di lapangan dapat memacu minat petani milenial dalam program YESS. Apalagi berbasis digitalisasi pemasaran sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas,” ucap Acep Hariri Project Manager PPIU Jatim.

Hal tersebut selaras dengan Mentan SYL, bahwa program Kementerian Pertanian harus sejalan dengan perkembangan jaman yaitu dengan adanya inovasi yang lebih modern.

Selain itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian mengungkapkan bahwa pentingnya digitilisasi yaitu dapat mengubah kebiasaan masyarakat dan sektor pertanian lebih produktif dan inovatif.

pasar lelang-3

 

Leave a Reply