Melihat Budidaya Lele dengan Media Bioflok di Dusun Temu

DesaNews.ID ( Malang ) – Di masa pandemi Covid-19 membuat kita banyak diam di rumah, warga mulai berfikir untuk membuat kreasi demi menghasilkan rupiah. Salah satunya budidaya ikan lele dan nila yang mulai banyak diminati.

Kepala Desa Sitirejo kembali memperlihatkan potensi warganya pada tim DesaNews.ID yakni mengecek lele yang dibudidayakan dengan sistem bioflok, di Dusun Temu, Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Senin (14/12/2020).

Arifin pemilik kolam memaparkan, bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini dirinya mulai merintis usaha budidaya ikan lele dan nila sejak tujuh bulan lalu. Sebanyak 10 kolam ia buat, setiap kolam memiliki ukuran diameter 2,5 meter dan tinggi sekitar 1.05 meter. Setiap kolam dapat diisi bibit lele sebanyak 3000 ekor.

“Dari pembibitan hingga masa panen hanya butuh waktu tiga bulan,” paparnya saat ditemui tim DesaNews.ID.

Lanjutnya, kolam lele dan nila ini dibuat dengan sistem bioflok sekaligus memperkenalkan usaha terpal yang ia geluti.

“Perawatan budidaya ikan lele dan nila dengan media bioflok ini lebih mudah mbak, karena tidak perlu menggunakan sirkulasi dan air mengalir,” kata pria asal Dusun Temu yang didampingi Kuswandi ketua RT 2.

Sementara itu, Kepala Desa Sitirejo, Buwang Suharjah menjelaskan, bahwa di desanya ada lima dusun dan masing-masing dusun memiliki potensi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dari lima dusun ada empat yang memiliki potensi yakni Dusun Sariasri budibaya ikan nila, Dusun Lemahduwur kreasi bunga, Dusun Temu budidaya lele, Dusun Buwek budidaya nila serta sayur dan buah,” tutur orang nomor satu di Desa Sitirejo itu.

Menurut Kades, dengan adanya potensi di masing-masing dusun ini, nantinya bisa mengangkat Desa Sitirejo menjadi desa unggulan.

“Dengan adanya potensi di masing-masing dusun ini, kami harapkan dapat mengangkat perekonomian dan pemberdayaan masyarakat serta mengurangi angka pengangguan,” tandasnya.

Bagi Anda yang ingin menikmati hasil budidaya ikan lele, nila maupun kreasi bunga bisa datang langsung ke Desa Sitirejo,

(4rdy/An)

Leave a Reply