Desa Karangwidoro

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Overview

Desa Karangwidoro merupakan salah satu desa dari 10 desa yang ada di kecamatan Dau Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Desa ini terbagi menjadi tiga dusun yaitu Karang Tengah, Karang Ampel dan Karang Dara, ketiga dusun ini berda di daerah perbukitan yang berbatasan dengan wilayah kota Malang dengan jumlah total penduduk kurang lebih 6300 Jiwa sekitar 60% penduduk desa ini berprofesi sebagai petani dan sebagian lainnya sebagai buruh, wiraswasta, dan pegawai sipil.

Desa Karangwidoro merupakan suatu wilayah yang dikenal sebagai tempat yang aman, bersih dan rindang. Desa ini terbilang cukup lengkap akan fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh pemerintah.


Namun terdapat beberapa fasilitas yang kurang disegani oleh masyarakat sekitar, salah satunya yaitu poskesdes. Poskesdes di desa Karangwidoro, Kecamatan Dau merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh pemerintah yang telah ada sejak dulu, akan tetapi banyak masyarakat yang kurang segan untuk berobat di poskesdes tersebut.


Petani didesa ini biasa bercocok tanam seperti padi, jagung, kacang, apel, jeruk dan sayur-sayuran, namun mayoritas ditanam petani diantara komoditi tanaman tersebut adlah padi dalam budidaya tanaman padi  Masyarakat di desa Karangwidoro, Kecamatan Dau sebagian besar bekerja di sektor peternakan dan pertanian.


Hal itu karena letak geografisnya sangat mendukung untuk menjalani prospek tersebut. Selain itu juga terdapat sebagian masyarakat yang bekerja sampingan dengan membuka usaha seperti warung makan. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah seorang warga desa Karangwidoro yang menyebutkan bahwa dari tingkat pendidikan masyarakat di Kecamatan Dau bervariasi dan sebagian besar berijazah SD.


Dengan tingkat pendidikan yang rendah tersebut, maka akan sulit bila menerima atau mengadopsi inovasi baru dan berpikir secara lebih rasional.


Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa Karangwidoro Kecamatan Dau saat ini yaitu kurangnya minat masyarakat dalam hal memanfaatkan fasilitas kesehatan dari pemerintah seperti Poskesdes. Masalah ini timbul karena adanya simpang siur informasi yang belum terdapat kejelasan yang pasti (gossip), seperti: dokter/bidan yang kurang ahli dalam penanganan pasien, peralatan kesehatan yang kurang lengkap dan lain sebagainya.

• Petik Jeruk
• Res Area Karangwidoro

Budidaya Unggulan

• Apel
• Jagung
• Jeruk
• Sayur Mayur

Gallery Desa

Informasi Umum

Karangwidoro
Sisi Selatan Kecamatan Dau
Kabupaten: Malang
Kecamatan: Dau, Kabupaten Malang

Kepala Daerah

Eko Winoto

Leave a Reply