Bupati-Jember-terpilih-2

Bupati Jember Terpilih Kunjungi Kampus Unej Sektor Pertanian Harus di Benahi

Bagikan Berita Ini

Jember, (desanews.id)  – Bupati Terpilih Hendy Siswanto, menjadikan sektor pertanian menjadi salah satu progam kusus yang akan dilakukan, ada empat progam kusus yang dia siapkan setelah di lantik pada 17 Februari mendatang. Saat berkunjung ke Kampus Universitas Jember (Unej) hal tersebut disampaikan langsung di depan forum Selasa 2 februari 2021.

“Pemkab Jember punya PR membenahi Perusahaan Daerah Perkebunan agar bangkit kembali terutama di sektor pertanian, dan saya ingin agar produk pertanian di jember memiliki nilai tambah supaya petani makin sejahtera,” ujar Hendy saat berdiskusi dengan Rektor Unej, Iwan Taruna dan jajarannya.

Sejumlah progam dan pemaparan Hendy itu disambut positif oleh Iwan. Selama ini, Unej telah menyiapkan sejumlah program untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian di Jember.

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) itu salah satunya progam untuk meningkatkan nilai tambah petani.

“Terkait pertanian, saya usul agar nantinya Pemkab Jember memberdayakan Bumdes agar bisa membuka usaha. Sehingga produk pertanian tidak lagi dijual mentah, misalnya memiliki penggilingan padi sehingga memiliki nilai tambah,” tutur Iwan yang juga mantan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unej ini.

Bupati-Jember-terpilih-3

Pembenahan BUMD di bidang perkebunan di Jember, juga menjadi tawaran program yang akan diusulkan Unej kepada bupati terpilih.

Sebab, selama ini BUMD milik Pemkab Jember di bidang perkebunan hanya terfokus pada komoditas tertentu.

“Khusus untuk Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP), saya usul agar mulai memikirkan menanam komoditas baru selain kopi dan karet,” tutur doktor teknologi pertanian dari Asian Institute of Technology ini.

Tawaran Rektor Unej itu disambut hangat oleh Hendy Siswanto.

“Saya ingin bergerak cepat agar program yang sudah direncanakan bisa segera dirasakan oleh warga Jember,” tutur Hendy.

Ada tiga progam kusus selain Sektor Pertanian, yang dibahas oleh bupati terpilih. Diantara lain perbaikan jalan dan pembenahan fasilitas umum, penanganan kemiskinan serta pemanfaatan teknologi dan komunikasi (TIK)

“Selain untuk pelayanan umum. Hendy dan Firjaun rencananya akan dilantik pada 17 Februari 2021 mendatang oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah, ” Pungkasnya,

(Dn/jr1/jj6)

Bagikan Berita Ini
Default image
Ardianto Rakya
Editorial in Chief Desanews.id
Articles: 844

Leave a Reply