FB_IMG_1613430568188

BPPSDM Pertanian Meminta DPR RI Komisi IV Dukung Pendidikan Pertanian

Bagikan Berita Ini

Malang, (desanews.id) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian BPPSDM Pertanian meminta kepada Komisi IV DPR RI untuk memberikan dukungan bagi kelangsungan penyelenggaraan pendidikan pertanian

Hal tersebut disampaikan Sekretaris BPPSDMP Kementan, Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si, di sela-sela kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di Kampus 1 Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang, Senin (15/2/2021).

Munifah menjelaskan, Polbangtan Malang merupakan salah satu dari tujuh lembaga pendidikan tinggi pertanian di bawah lingkup BPPSDMP Kementan. Selain Malang, Polbangtan juga terdapat di Medan, Bogor, Yoma (Yogyakarta/Magelang), Gowa, dan Manokwari. Satu insitusi lagi adalah Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Serpong.

Keberadaan lembaga pendidikan tersebut, kata Munifah, memiliki nilai dan fungsi strategis bagi terbentuknya SDM pertanian yang unggul, tangguh, serta berdaya saing. Oleh karena itu, dukungan para pemangku kepentingan (stakeholder) seperti Komisi IV DPR RI sangat dibutuhkan.

Untuk itu, lanjut Munifah, penting untuk menyampaikan berbagai program terkait kependidikan di Polbangtan agar dapat dipahami oleh Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, serta kelautan, perihal kebijakan politik anggarannya.

“Inilah pentingnya menyampaikan beberapa program agar bisa dipahami oleh seluruh jajaran Komisi IV DPR dalam hal kebijakan politik anggaran untuk mensupport penyelenggaraan pendidikan pertanian,” jelas Munifah.

Lebih lanjut, BPPSDMP Kementan juga meminta dukungan Komisi IV DPR RI dalam penerapan program Kampus Merdeka Belajar bagi mahasiswa Polbangtan dan PEPI di seluruh Indonesia.

Munifah berharap wakil pimpinan Komisi IV DPR RI membantu untuk memfasilitasi mahasiswa bisa melaksanakan praktik kerja di berbagai wilayah binaan, yang mencakup usaha dan industri di Indonesia.

“Kalau misalnya stakeholder tidak mau dijadikan wilayah praktik, maka kita harus berinisiatif meminta bantuan Komisi IV untuk turun tangan dan mengintervensi DUDI agar dapat dijalin kerja sama,” ujarnya.

Selain itu, dukungan juga diharapkan dalam hal seleksi bagi anak petani yang ingin menempuh studi di Polbangtan dan PEPI. Munifah mengharapkan pemerintah daerah mau bekerja sama soal pembiayaan bagi anak petani.

“Jadi daerah juga ikut mensupport  pembiayaan supaya ada tanggung jawab moril dari anak-anak untuk bisa lebih berprestasi karena dikirim dari daerah,” ujar Siti Munifah, Sekretaris BPPSDM Pertanian Kementan  terkait dukungan terhadap Pendidikan Pertanian.

Pewarta : Tata Sukmana

Bagikan Berita Ini
Default image
Ardianto Rakya
Editorial in Chief Desanews.id
Articles: 844

Leave a Reply