Desa Batu Retno

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Overview

DesaNews.ID ( Batu Retno ) -Secara geografis Desa Baturetno terletak pada posisi 7˚21’-7 ˚31’ Lintang Selatan dan 110˚10’-111˚40’ Bujur Timur. Topografi ketinggian desa ini adalah berupa daratan sedang yaitu sekitar 156 m diatas permukaan air laut. Berdasarkan data BPS Kabupaten Malang tahun 2004, selama tahun 2004 curah hujan di Desa Baturetno rata-rata mencapai 2400 mm. Curah hujan terbanyak terjadi pada bulan Desember hingga mencapai 405,04 mm yang merupakan curah hujan tertinggi selama kurun waktu 2000-2008.

Secara administratif desa Baturetno terletak diwilayah kecamatan Dampit Kabupaten Malang dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga :

Batas Utara                       : Desa Bumirejo

Batas Barat                       : Desa Srimulyo

Batas Selatan                   : Desa Srimulyo

Batas Timur                      : Desa Jogomulyan

Jarak tempuh Desa Baturetno ke Ibu Kota Kecamatan adalah 13 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan jarak tempuh ke Ibu Kota Kabupaten adalah 45 km ynag dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam.

  1. Kondisi dan Ciri Geologis Wilayah

Luas wilayah Desa Baturetno adalah 1.171.864 Ha. Luas lahan yang ada terbagi kedalam beberapa peruntukan, yang dapat dikelompokan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, perkebunan, kegiatan ekonomi dan lain-lain.

Luas lahan yang diperuntukkan untuk pemukiman adalah 106.282 Ha, luas lahan yang diperuntukkan untuk pertanian adalah 457,100 Ha, luas lahan untuk ladang tegalan dan perkebunan adalah 12,350 Ha, luas lahan untuk hutan produksi adalah 562,900 Ha. Sedangkan luas lahan untuk fasilitas umum adalah sebagai berikut: Perkantoran 0,50 Ha, Sekolah 2,520 Ha, Olahraga 1,56 Ha, dan Tempat pemakaman umum 2,1 Ha.

Wilayah Desa Baturetno secara umum mempunyai ciri geologis berupa lahan tanah hitam yang sagat cocok sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Secara prosentase kesuburan tanah Desa Baturetno terpetakan sebagai berikut: Sangat subur 27 Ha, Subur 250 Ha, Sedang 150 Ha, Tidak subur atau kritis 12.350 Ha. Hal ini memungkinkan tanaman padi untuk dapat panen dengan menghasilkan 8,5 Ton/Ha. Tanaman jenis palawija juga cocok ditanam disini.

Berdasarkan data yang masuk tanaman palawija seperti kedelai, kacang tanah, kacang panjang, ubi kayu, jagung, ubi jalar, serta tanaman buah seperti mangga, pepaya, melon, dan pisang juga mampu menjadi sumber pemasukan (income) yang cukup handal bagi penduduk desa ini. Untuk tanaman perkebunan, jenis tanaman tebu merupakan tanaman handalan. Kondisi alam yang demikian ini telah mengantarkan sektor pertanian secara umum menjadi penyumbang Produk Domestik Desa Bruto (PDDB) terbesar yaitu Rp 10.511.860.000 atau hampir 45% dari PDDB Desa yang secara total mencapai Rp 22.607.605.000.

Jenis tanah hitam Desa Baturetno ini menjadi kurang bagus sebagai lahan pemukiman dan jalan, karena cenderung labil. Karenanya, masyarakat Desa Baturetno masih menyukai rumah dari papan kayu daripada tembok bangunan. Sebab bangunan tembok, kalau pondasinya tidak maksimal kuat akan beresiko pecah dan bisa membahayakan jiwa penduduk dari 2.327 buah rumah yang ada, hanya sekita 1.514 buah rumah saja yang terbuat dari tembok, sementara lainnya dari papan kayu dan bambu.

Sedangkan keberadaan tekstur tanah hitam yang lembek dan bergerak juga mengakibatkan jalan-jalan cepat rusak. Karenanya, pilihan teknologi untuk membangun jalan dari bahan-bahan yang relatif bertahan lama menjadi pilihan utama.

• Telaga Batu Retno

Budidaya Unggulan

• Padi
• Jagung
• Sayur Mayur
• Kopi

Gallery Desa

Informasi Umum

Batu Retno
Sisi Selatan Kabupaten Malang
Kabupaten: Malang

Kepala Daerah

Sukirno

Leave a Reply